Friday, June 10, 2011

bad making


BAD MAKING

A.    Pengertian
Merapikan tempat tidur merupakan suatu tindakan yang dilakukan perawat untuk menjaga kebersiahan dan kenyamanan tempat tidur,dan untuk memastikan linen tempat tidur bersih,kering,dan bebas kerutan.

B.     Tujuan
·         Mengurangi resiko terjadinya kerusakan kulit yang berhubungan dengan kontak dengan linen basah, kotor, atau berkerut
·         Memberikan kenyamanan dan kebersihan pada pasien


C.     Alat-alat
·         Seprei dasar
·         Seprei atas
·         Seprei atas tambahan untuk seprei penarik
·         Sarung bantal
·         Sarung tangan untuk melepaskan linen lama
·         Skort jika kemungkinan terjadi  cipratan darah atau cairan tubuh
·         Kantong linen

D.    Prosedur
·         Cuci tangan
·         Pindahkan pasien ke kursi apabila keadaan pasien mampu duduk dikursi,dan apabila tidak memungkinkan biarkan pasien tetap berbaring.
·         Gunakan sarung tangan untuk melepaskan linen yang lama dan memasukanya dalam sarung bantal.
·         Periksa matras.jika lembab atau kotor,semprotkan dengan semprotan germisidal rumah tangga dan balikan matras tersebut.jika matras tidak dapat dibalik, potong kantong plastik dan pasang dengan kuat diatas area yang lembab atau kotor
·         Berikan sprei dasar yang bersih diatas matras jika mungkin.lipat bagian tepinya dibawah matras,biarkan permukaan serata mungkin.gunakn peniti untuk menjepit sudut pada matras jika diperlukan.
·         Jika ada kemungkinan inkontinensia atau drainase ,tempatkan pelindung linen diatas sprei dasar ,atau potong kedua sisi kantong plastik besar dan letakkan mendatar seperti pelindung linen.
·         Lipat sprei lain menjadi 3 bagian dan letakkan menyilangi tempat tidur sehingga sprei ini akan melebar dari panggul klien ke bahu.yakinkan pelindung plastik atau linen tertutup sprei.
·         Tempatkan bagian atas sprei diatas tempat tidur, lipat tepi bagian bawah untuk memberikan ruang gerak bebas bagi kaki.
·         Jika klien meminta selimut tambahan ditempat tidur,dorong penggunaan bahan-bahan yang dapat dicuci.
·         Pasangkan sarung bantal bersih pada semua bantal.jika bantal basah atau kotor dan tidak ada lagi yang tersedia, tempatkan bantal dalam kantong plastik sebelum memasang sarung bantal.
·         Bantu klien ketempat tidur dan sesuaikan penutupnya untuk kenyamanan.
·         Jika linen yang digunakan kotor akibat darah dan cairan tubuh ,instruksikan pemberi perawatan untuk menggunakan sarung tangan ketika memegang linen,pertama kali cuci dalam air dingin dan kemudian cuci secara terpisah dari pakaian lain,dengan menggunakan air panas ,gunakan detergen pencuci pakaian ,dan cairan pemutih.yakinkan pemberi perawatan bahwa mencuci linen klien dan pakaian keluarga dengan mesin cuci yang sama tidak akan menimbulkan resiko jika kedua jenis linen tersebut dicuci secara terpisah.

              







DAFTAR PUSTAKA

Johnson, Joyce Young.2005.Prosedur Perawatan di Rumah.Jakarta: Buku Kedokteran

0 comments:

Post a Comment