Saturday, April 19, 2014

pengertian gagal jantung

Pengertian CHF 

Penyakit Gagal Jantung yang dalam istilah medisnya disebut dengan "Heart Failure atau Cardiac Failure", merupakan suatu keadaan darurat medis dimana jumlah darah yang dipompa oleh jantung seseorang setiap menitnya {curah jantung (cardiac output)} tidak mampu memenuhi kebutuhan normal metabolism tubuh. Gagal jantung (GJ) adalah sindrom klinis (sekumpulan tanda dan gejala), ditandai oleh sesak napas dan fatik (saat istirahat atau saat aktivitas) yang Disebabkan oleh kelainan struktur atau fungsi jantung.

Etiologi 

Penyebab gagal jantung dapat diklasifikasikan dalam enam kategori utama, yaitu:  

  1. Kegagalan yang berhubungan dengan abnormalitas miokard, dapat disebabkan oleh hilangnya miosit (infrak miokard, kontraksi yang tidak terokoordinasi (left bundle branch block), kurangnya kontraktilitas (kardiomiopati)).
  2. Kegagalan yang berhubungan dengan overload (hipertensi)
  3. Kegagalan yang berhubungan dengan katup
  4. Kegagalan yang disebabkan abnormalitas ritme kardiak (takikaro)
  5. Kegagalan yang disebabkan anormalitas perikard atau efusi perikard (temponade)
  6.  Kelainan kongenital jantung
Faktor resiko

Faktor risiko juga dapat digolongkan menjadi 2 kategori lain yang berbeda, yakni faktor risiko yang dapat dimodifikasi dan faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi. Beberapa faktor risiko yang sering ditemukan antara lain kadar kolesterol darah tinggi, kadar LDL (Low Density Lipoprotein) tinggi, kadar trigliserida tinggi, hipertensi, diabetes, obesitas, aktivitas fisik yang kurang, serta merokok. Semua faktor risiko tadi merupakan faktor risiko yang dapat dikontrol, baik dengan perubahan gaya hidup maupun medikasi. Sedangkan usia tua, jenis kelamin wanita dan riwayat penyakit jantung pada keluarga merupakan faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi.

0 comments:

Post a Comment